Home » , , » Robot NASA ke Mars "Check In" di Foursquare

Robot NASA ke Mars "Check In" di Foursquare

Written By Raynaldi Ibrahim Yasim on Jumat, 05 Oktober 2012 | 01.54

robot penjelajah buatan lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat (NASA), menandai kunjungannya ke Mars dengan melakukan check in di Foursquare. Untuk pertama kali check in dilakukan di planet lain.

"NASA memanfaatkan Foursquare untuk berbagi lokasi kendaraan selama melintasi permukaan Mars," ujar juru bicara NASA David Weaver di Washington, Rabu, 3 Oktober 2012.

Menurut dia, berbagi posisi adalah cara ampuh melibatkan masyarakat terhadap misi yang direncanakan berjalan selama 23 bulan ini. Pengguna jejaring sosial ikut merasakan perjalanan di Kawah Gale.

Curiosity mendarat di permukaan Mars akhir September lalu. Titik pendaratan berada di salah satu cekungan besar yang dikenal sebagai Kawah Gale. Misi robot penjelajah ini bertujuan mengumpulkan data ilmiah mengenai iklim, geologi, kimia, dan biologi Planet Merah.

Kini Curiosity sedang berjalan menuju Gunung Sharp setinggi 5 kilometer. Selama perjalanan, kendaraan yang dilengkapi laboratorium mini ini mengumpulkan sampel batuan dan tanah. Contoh bebatuan itu bisa menjadi petunjuk mengenai kehidupan renik yang pernah menetap di sana. Curiosity juga berbagi foto pemandangan sepanjang perjalanan. (Baca: Curiosity Akan Bawa Tanah Planet Mars )

Di bumi, pengguna Foursquare bisa mempelajari lokasi yang disinggahi kendaraan penjelajah. Pengguna bisa memperoleh beraneka lencana--sains, teknologi, teknik, dan matematika--yang berkaitan dengan pengetahuan yang didapat dari lokasi persinggahan. Rencananya, Foursquare meluncurkan lencana khusus ini pada akhir 2012.

NASA berkongsi dengan Foursquare sejak 2010. Hubungan ini mereka manfaatkan untuk menciptakan platform penjelajahan jagat raya dalam setiap program antariksa NASA. Check in pertama di luar angkasa dilakukan dua tahun lalu ketika astronaut Doug Wheelock berkunjung ke stasiun antariksa internasional (ISS).

0 komentar:

Posting Komentar