Home » » Laba-laba Pemburu Ini Tidak Punya Mata

Laba-laba Pemburu Ini Tidak Punya Mata

Written By Raynaldi Ibrahim Yasim on Senin, 13 Agustus 2012 | 02.15

Laba-laba pemburu, seperti jenis laba-laba lain, umumnya dilengkapi dengan delapan mata. Namun para ilmuwan menemukan spesies laba-laba pemburu tak bermata. Laba-laba yang baru ditemukan ini adalah penghuni gua yang hidup dalam kegelapan permanen.

Peter Jäger, kepala arachnology di Senckenberg Research Institute di Frankfurt, Jerman, melaporkan bahwa dia menemukan laba-laba dalam sebuah gua di Laos, sekitar 100 kilometer dari sungai gua raksasa Xe Bang Fai. Laba-laba yang dinamai Sinopoda scurion ini adalah spesies laba-laba tak bermata pertama dari 1.100 spesies laba-laba pemburu.

"Kami sudah mengetahui ada laba-laba genus ini dari gua lain, tapi mereka selalu mempunyai mata dan pigmentasi lengkap," kata Jäger. "Sinopoda scurion adalah laba-laba pemburu pertama yang tak punya mata."

Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Zootaxa, dia menjelaskan bahwa regresi ini mungkin disebabkan binatang itu hidup dalam kegelapan total. Beberapa kerabat laba-laba penghuni gua lain yang hidup di Asia juga memperlihatkan transisi serupa untuk beradaptasi dengan lingkungan gua. "Mulai dari delapan mata yang berfungsi menjadi enam, empat dan dua lensa, hingga laba-laba buta," kata Jäger.

Laba-laba ini juga memiliki sejumlah tetangga yang hidup dalam gua, yaitu kalajengking Troglokhammouanus steineri dan Vietbocap lao dari gua  Xe Bang Fai dan gua Nam Lot, hingga ikan gua buta (Bangana musaei) dari sistem gua Xe Bang Fai, dan kepiting air tawar yang ditemukan pada lokasi yang sama dengan laba-laba pemburu tak bermata.

0 komentar:

Posting Komentar